Jl. Jember No.122 Kalibaru Wetan 0333897392 smknkalibaru2@gmail.com
Profil

Agribisnis Ternak.

Jurusan Agribisnis Ternak di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga ahli yang mampu mengelola usaha peternakan secara mandiri dan profesional. Jurusan ini mempelajari tentang teknologi pemeliharaan ternak, manajemen peternakan, pengolahan hasil ternak, dan pemasaran produk peternakan.

Beberapa mata pelajaran yang dipelajari dalam jurusan Agribisnis Ternak di SMK antara lain:

1. Pemeliharaan Ternak
Mata pelajaran ini membahas tentang teknik pemeliharaan dan perawatan hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, ayam, dan bebek. Siswa akan mempelajari tentang pemberian pakan, pencegahan penyakit, dan manajemen kandang.

2. Pengolahan Hasil Ternak
Mata pelajaran ini membahas tentang pengolahan hasil ternak seperti susu, daging, telur, dan kulit hewan ternak. Siswa akan mempelajari tentang teknik pengolahan dan pembuatan produk-produk ternak yang siap dipasarkan.

3. Manajemen Peternakan
Mata pelajaran ini membahas tentang manajemen usaha peternakan secara umum seperti perencanaan usaha, pengaturan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, dan strategi pemasaran produk peternakan.

4. Praktik Kerja Lapangan
Siswa akan menjalani program praktik kerja lapangan di peternakan atau perusahaan ternak yang ada di daerah setempat. Program praktik kerja lapangan ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan siswa tentang dunia peternakan dan memberikan pengalaman praktis yang berguna di masa depan.

Lulusan jurusan Agribisnis Ternak di SMK memiliki banyak peluang kerja di bidang peternakan dan perikanan seperti peternak, pengusaha peternakan, manajer peternakan, ahli nutrisi hewan, pengolah makanan ternak, atau petugas pemasaran produk ternak. Selain itu, lulusan jurusan ini juga dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang mempelajari bidang agribisnis atau peternakan.

Facebook
WhatsApp
Email