Jl. Jember No.122 Kalibaru Wetan 03338581057 smknkalibaru2@gmail.com
Artikel

PENDEKATAN BEHAVIOR DALAM MENANGANI DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMKN KALIBARU

Eny Alfiyah

Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMKN Kalibaru, Banyuwangi

enyalfiyah5@gmail.com

 

Abstract

Behavior is one approach in guidance and counseling to overcome mal-adaptive behavior towards an adaptive attitude. The behavior approach is the right approach to handle blended learning models during the Covid-19 pandemic, so that students are able to carry out their duties well at school, without experiencing obstacles. This undisciplined behavior is influenced by several reasons, including students’ private problems as a result of divorce, living with grandmother without parental supervision, and data package constraints. The basis of this paper is a field research that uses a behavioral approach and a descriptivequalitative method. The results of this study describe several efforts in the counseling process of several students, including reinforcement technique, counseling contracts, homework, and punishment. With the behavior flow stages, the process of changing the attitudes of students who experience the impact of blended learning can be improved and students are able to be adaptive to participate in learning.

Keywords: behavior and blended learning

Abstrak Behavior merupakan salah satu pendekaan dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perilaku mal-adaptif menuju ke sikap adaptif. Pendekatan behavior merupakan pendekatan yang tepat guna menangani model pembelajaran blanded learning di masa pandemi Covid19, agar siswa mampu menjalankan tugasnya dengan baik di sekolah, tanpa mengalami hambatan. Perilaku tidak disiplin ini dipengaruhi oleh beberapa alasan, termasuk masalahmasalah privat siswa yang merupakan akibat dari perceraian, tinggal bersama nenek tanpa pantauan orang tua, serta terkendala paket data. Dasar tulisan ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan behavior dan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini memaparkan beberapa upaya proses konseling dari beberapa siswa antara lain reinforcement technique, kontrak konseling, pekerjaan rumah, dan hukuman (Punishment). Dengan tahapan alur behavior, proses pengubahan sikap siswa yang mengalami dampak dari pembelajaran blanded learning dapat ditingkatkan dan siswa mampu bersikap adaptif untuk mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci: behavior dan blended learning

 

Lanjut Membaca : ARTIKEL BEHAVIOR (pdf)

Tinggalkan Balasan