Jl. Jember No.122 Kalibaru Wetan 0333897392 smknkalibaru2@gmail.com
Artikel

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Perubahan Kimia Menggunakan Metode Praktikum di SMKN Kalibaru

Yopi Hardiyan

Guru IPAS SMKN Kalibaru, Banyuwangi

Yopihardiyan91@guru.smk.belajar.id

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan hasil belajar siswa kelas X SMKN Kalibaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriotif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknologi Jaringan Komputer Terapan  di SMKN Kalibaru yang berjumlah 72 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 50% dari jumlah populasi yaitu 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu siswa diberikan tugas praktikum perubahan kimia dengan alokasi waktu 90 menit. Kemampuan melakukan praktikum uji kejernihan air dinilai dari tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, aspek praktikum, dan aspek presentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan praktikum pada materi perubahan kimia siswa kelas X TJKT 1 SMKN Kalibaru adalah 77 dengan kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa siswa kelas X TJKT 1 SMKN Kalibaru pada materi perubahan kimia dikatakan hasil belajarnya meningkat dengan kategori baik. Meskipun masih ada beberapa siswa dalam materi tersebut dinyatakan kurang baik, namun secara keseluruhan siswa kelas X SMKN Kalibaru sudah dapat memahami materi perubahan kimia menggunakan model Project Based Learning ( PjBL ).

Kata kunci: praktikum, PjBL, perubahan kimia

 

Abstrack

The aim of this research is to determine the learning outcomes of class X students at Kalibaru Vocational School. This research uses a descriptive method with a quantitative approach. The population in this study were 72 students in class X Applied Computer Network Technology at Kalibaru Vocational School. Meanwhile, the sample in this study used purposive sampling, namely 50% of the total population, namely 35 students. The data collection technique uses a test technique, namely students are given a practical assignment on chemical changes with a time allocation of 90 minutes. The ability to carry out practical water clarity tests is assessed from three aspects, namely the knowledge aspect, practical aspect, and presentation aspect. The data analysis technique used in this research is simple statistics by calculating the average value. The results of this research show that the average value of practical ability in the material on chemical changes for class X TJKT 1 SMKN Kalibaru is 77 in the good category. The conclusion of the results of this research is that class Even though there were still some students who said the material was not good enough, overall class X students at Kalibaru Vocational School were able to understand the material on chemical changes using the Project Based Learning (PjBL) model.

Key words: practicum, PjBL, chemical changes

 

Penulis : Yopi Hardiyan (Yopihardiyan91@guru.smk.belajar.id)

Penyunting: AlfinNS

Tinggalkan Balasan